Rabu, 04 April 2012

Tips Mudah Menulis Novel

Gatau kenapa yaa, dari SD sampai sekarang ini aku suka baca novel. Entah itu novel pinjem ataupun beli. Sampai-sampai nih aku tu pengen buat novel gitu. Tapi gimana yaa caranya? Kayaknya ribet deh. Ribet buat ceritanya juga-_- kan kalau buat novel harus berlembar-lembar halaman tuh. Ceritanya juga harus yg bagus dan gak monoton. Aku bisa dibilang belum ahli sih dalam buat cerita-cerita gitu. Tapi aku pengeeen banget buat novel hehe.
Ini tips mudah mulai menulis novel, aku ambil dari http://tipsanda.com/2011/04/23/tips-mudah-mulai-menulis-novel/ hehe :D
1. Niat. Punya motivasi kuat untuk menulis dan menyelesaikannya.
2. Mulai dari yang paling sederhana. Mulailah dari tulisan bebas, yang ringan-ringan dulu, misalnya dengan menulis apa yang Anda lihat, pikirkan, rasakan, ingat dan seterusnya.
3. Bebaskan imaginasi anda. Jangan terpaku aturan-aturan menulis yang baku. Menulislah sesuai keinginan. Biarkan ide-ide mengalir secara liar.
4. Wawasan. Perkaya bahan dan referensi dengan menggali dari berbagai sumber informasi, dari surat kabar, majalah, buku, radio hingga narasumber langsung.
5. Fokus. Fokus pada apa yang ingin ditulis. Tentukan tema karakter tokoh dalam novel, jalan cerita dan sebagainya.
6. Jangan putus asa. Jangan putus asa jika hasilnya belum bagus. Seorang penulis besar pun mengalami fase ini dulu sebelum akhirnya mahir. Jika stuck di tengah jalan, recharge pikiran dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Biasanya ide dan semangat akan muncul kembali.
7. Publikasikan hasil karya.  Perlihatkan hasil karya Anda pada lingkungan terdekat, dan mintalah komentar dan kritikannya.
8. Latihan. Latihan dan terus latihan :)
Yang diatas itu akku copy paste hehe. Tapi insyaAllah deh bisa bekal buat bantu aku nulis novel. Semoga aja niatku buat nulis novel ini bakalan tetep ada. Amindeh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar